Sabtu, 01 Desember 2012

Akhirnya gue nemuin juga! Once in a lifetime-Shinhwa


Bisa dibilang gue ini music freak banget. Kayaknya music itu udah jadi suplemen dalam kehidupan sehari-hari. Gue cinta music. Suatu hari-cie ngedongeng,gue engga inget kapan tepatnya tapi seinget gue  pas gue masi sekolah,SMP kali yah. Gue lupaa dah. Jadi pas itu gue lagi nonton tipi. Gue kan hobi gonta ganti channel walopun ujung-ujungnya bakal balik lagi ke channel favorit gue. Indovision channel animax, all about cartoon Japan. Gue suka bangett,waktu itu jamannya anime apa yah. Sepertinya saya lupa ingatan.hahaha.Lupakan.

Nah akhirnya pilihan channel yg gue tonton itu adalah Animax-seperti biasa. Dan channel animax lagi menayangkan music gitu. Kalo sekarang kayak jamannya variety show “You and I”-yang salah satu MC nya Lee Hyori. Karena saat itu gue belum korea freak kayak sekarang,tapi gue dulu adalah Japan freak. Jadi gue tonton tuh,nah nonton nonton nonton,ada group cowo lebih dari 4orang ingin perform,dan membuat gue terperangah.
  Lagu itu indah banget..
 Gue jatuh cinta sama itu lagu pada pandangan pertama! (Padahal gue belum pernah ngerasain yang namanya jatuh cinta sama cowo pada pandangan pertama,tapi kalau jatuh cinta sama lagu pada pandangan pertama,berkali kali-red) Gue emang enggak ngeh itu bahasa apa,engga ngerti arti liriknya apa,tapi mendengar lagu itu-gue merasakan rasa haru dan ingin menangis. Saking semangatnya gue menonton tivi sambil berdiri.
Pas lagu itu selesai dinyanyikan,masalahnya gue sama sekali engga tau mereka itu sapa,dan menyanyikan lagu apa,gue buta. Kalau mereka penyanyi luar negeri seperti Blue,atau El divo,atau siapalah yang identitasnya bisa dicari itu gampang. Tapi ini penyanyi asia. Gue lebih kenal penyanyi solo seperti Ayumi Hamasaki,BoA,Ken Hirai,-dsb. Untuk penyanyi group saat itu,gue enggak tahu.
Gue cuman tahu liriknya ada “Fly to the Sky~” dan nada reffnya sampai habis.
Jadi mau dicari sekeras apapun gue enggak ngerti,perasaan penasaran itu cuman dipikirin dalam hati aja. Bertahun-tahun kemudian,mungkin sekitar 2-3tahun yang lalu,ketika gue sedang tergila gila sama korea. Gue yang baru nyadar kalau Boa itu penyanyi korea. Padahal dari kelas 5SD,gue dengerin lagu-lagu tuh eonnie. Gue bahkan mengoleksi albumnya dari jaman kaset,dan beberapa keping dalam bentuk CD. Tapi gue baru nyadar,baru mengerti ternyata dia berada di naungan entertainment yang sama dengan super junior. Pokoknya telat dah!
Tapi enggak sepenuhnya salah gue,karena gue memang mengoleksi album japannya,bukan album korea. Jadi wajar dong kalau gue ngiranya dia orang jepang? Dan dahulu jaman gue SD-SMP,di hape masih jadul buat search google,jadi wajar aja gue ga updet *ngeles. Kkkkkkk-
Dan saat utak atik hape temen gue,si epa. Gue buka file musiknya ada nama duo grup “Fly to the Sky”. Gue langsung curhat tuh sama si epa, gue bilang,
“Gue dulu paa,pernah denger grup cowok nyanyi liriknya ada “Fly to the sky~” tapi gue enggak tahu itu yang nyanyi sapa,apalagi judul lagunya.Gue suka banget sama itu lagu.”
Epa cuman merespon,
“Dih sih geblek..”
Respon yang tak bermutu..
Mendengarkan lagu lagu fly to the sky juga engga ada yang sama dengan yang gue cari selama ini,jadi waktu kembali berlalu.

 2-3tahun kemudian. 20November2012 adalah hari yang sangat bersejarah buat gue. Kenapa engga,itu kebetulan yang juga takdir. Lagi dikamar sama epa,dan sabeth masing masing membuka lepi untuk menonton variety show korea, Notebook epa menayangkan Shinhwa Broadcast,variety shownya si om om sarap itu. Udah pada tua tapi kelakuannya PARAH semua. Gue ngakak nontonnya. Bahkan sang leader Erick kelakuannya GILA.
 Setelah puas menonton Shinhwa Broadcast,epa kembali menyetel notebooknya dengan Mnet Japan Shinhwa Concert.Jadi perjalanan mereka pas concert di Jepang setelah vakum selama 4tahun. Awal dari Mnet Japan itu menayangkan perjalanan mereka dari belasan tahun yang lalu sampai sekarang,dan……ARGH!
Ada satu cuplikan saat Shinhwa membawakan sebuah lagu dan latarnya situasinya SEMUANYA samaa kayak yang gue tonton itu!!!
Ternyata SHINHWA!
Gue guling-gulingan di tempat tidur disertai dengan teriakan teriakan gue. Dan gue menjelaskan lagi kepada si epa,
“EPAAAAAAA!!Itu lagu yang gue cari cari!! Yang gue bilang waktu itu-blablablabla…..”
Rasanya luar biasa..
Udah ketemu yang nyanyi tinggal judul lagunya, gue search goggle (kali ini udah canggih-red) gue cari judul lagu itu. Faktanya lagi,ternyata duo fly to the sky yang gue bicarain beberapa tahun yang lalu,itu adalah satu management dengan SHINHWA. Ini nasib kali yah? Cari lagunya juga enggak gampang,gue pake kekuatan naluri hewani gue buat nebak-nebak itu lagu. Sampai di 1blog milik sapa gitu,dia menuliskan lirik lagu “Once in a life time-shinhwa”
Di lagu tersebut ada liriknya “Once in a life time-fly to the star~”
Star bukan sky?gue selama ini salah kali yah?apa kuping gue pas itu budek? Dengan dag dig dug gue mendownload lagu tersebut sambil berdoa dalam hati,
“Bener kek bener kek..Semoga benerrrrr..”
Gue dengerin sambil nahan nafas,ternyata………
Gue menutup mulut gue dengan satu tangan,gue mau nangis..
Ini lagu yang gue cari cari selama ini.
Dan saat gue denger hari ini,indaaah bangeeeeeetttt. Perasaan gue ngedengerinnya sama seperti saat pertama kali gue dengerin lagu itu..
Liriknya pun sama seperti yang gue pikirkan,pasti bagus..hihihi. Gue aneh banget yah? Yah itulah gue terhadap lagu lagu..
Oke nanti di bagian akhir ada liriknya dan juga artinya, Heii para para Ahjussi! Erick,Junjin,Hyesung,Dongwan,Minwo dan Andy. Gue sama sekali engga menyangka kalianlah group lelaki yang gue cari selama ini. Saranghaee!
Oia,video yang gue tonton itu. Mnet Japan Shinhwa concert juga lumayan bikin mupeng..
Gimana enggak? Member Shinhwa akrab bangett sama staffnya. Keliatan dari awal pas waktu Erick lagi nonton tinju di ipad(kalo enggak salah yah-red) nah MC Mnet japan kan lagi ngedeketin Dia terus nanya
“Kamu lagi ngapain?”
 Masa si Erick bilang
“Shut Up.”
Dan pas Dia lihat,Dia kaget itu ternyata MC Mnet Japannya,hihi. Terus Mereka semua kalang kabut,bilang itu harus di cut enggak boleh ditayangin. Jadi sebenarnya,Erick ini deket sama staff yang namanya Hana(Nama sobat gue nih-red),jadi yah gitu suka becanda berdua. Dikirainnya itu tadi sih Hana,makanya Erick ngomong kayak gitu..
Disitu juga keliatan om Dongwan yang ramah banget sama staffnya..Sering banget disitu terlihat dia ngobrol atau hanya sekedar lewat sambil memegang tangan si staff,atau becanda dengan senyum ramahnya,arghhh..Jadikan aku staffmu,ahjusi! Kkk~
Minwo juga ramah,di meluk beberapa kali para staff nya,walopun gue jadi bener bener mencurigai minwo ini menyukai sesama jenis. Kkkk~ Bahkan dengan sesama member aja dia jealous an! Beberapa kali dia terlihat jealous,dan berteriak “That’s Mine” Andy miliknya juga katanya,hahaha.
Gue seneng banget sama kekompakan Mereka. Mungkin karena mereka rada seumuran kali yah, 3orang kelahiran 79,(Erick,Dongwan,dan Hyesung),2orang kelahiran 80(Junjin dan Minwo) dan sang magnae kelahiran 81(Andy). Mereka keliatan akrab banget bener bener kayak sobat aja-ada kan boyband yang karena perbedaan umurnya jauh enggak kayak yang Shinhwa yang rata-rata seumuran jadi walopun keliatan deket juga bedaa dah sama Shinhwa. Ditambah lagi Shinhwa udah ada selama 15tahun. Jelas persahabatan mereka lebih dalam.
Menurut gue baru Shinhwa satu satunya group BB di korea(yang kelihatan sama gue.)yang bisa bareng bareng berenam komplit,enggak terpecah satu orang pun selama mereka debut. Dan itu sudah berjalan sekitar 15Tahun.
Contoh group H.O.T, terdiri dari lima orang-yang pada akhirnya mereka memilih jalan untuk terpecah menjadi dua, group pecahan itu bernama JTL. Jadi JTL bertiga, H.O.T berdua. Kesini sininya sih mereka bahkan sempet reunian lagi,tapi itu setelah bertahun-tahun terpisah.
Kedua,ada Group DBSK/TVXQ yang sama terdiri dari 5orang juga dan berada dinaungan yang sama dengan H.O.T yaitu SM Entertaiment. Ini adalah orang –orang pilihan dari SM,yang benar benar diharapkan untuk Go Internasional. Penuh dukungan lah bisa dbilang,lain daripada Super Junior. Bahkan ada yang bilang orang orang yang tak terpilih dari DBSK(sama aja menjadi orang terbuang) itu kumpul bersama di Super Junior. Nah,siapa sangka Mereka mempunyai nasib yang sama dengan H.O.T? Kepisah karena royalty,dan kepecah belah menjadi dua- 3orang yang terpisah membuat Group baru bernama JYJ,dan sisa berdua(Yunho dan Changmin) yaitu menjadi Duo DBSK. Sedih bangett deh kalo ingetnya juga,apalagi menurut gue vocal utama dari DBSK yaa JYJ itu. Apalagi suasana antara TVXQ dengan JYJ selalu memanas,bahkan saat Konpress atau wawancara,Changmin dan Yunho tak pernah diijinkan menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan JYJ oleh SM. Setelah itu pun JYJ terlihat susah karena BB ini tidak diperbolehkan untuk tampil di acara TV apapun. -_-
Ketiga ada Super Junior,yang lagi-lagi berada dinaungan yang sama yaitu SM. Mereka udah 7tahun bersama dari debut hingga sekarang(2012-red),dan mereka sudah kehilangan 2personil. Tadinya kan mereka 13orang+2orang(Henry,Zhoumi yang masuk ke dalam Suju M),hilang dua orang,Kibum dan Hangeng. Kalau Kibum sih masalahnya karena dia pengen focus ke dunia film. Tapi kalau Hangeng,berhubungan dengan kontrak budak SM. Jujur,gue sedih bangett udah enggak ber13 lagi. Soalnya Super Junior itu kalau dilihat dari jaman jaman bahela,susah bangett. Penuh dengan air mata darah. Keadaan sempet memanas juga tuh,tapi yan gue suka dari Super Junior-mereka tetep menunjukkan kalau Hangeng tetep bagian dari mereka. Dan mereka enggak diem,tapi mereka jujur aja dengan semua yang terjadi. Kayak si leader bijaksana ini sih “Leetuk” dia bilang kalau sesungguhnya Mereka enggak pernah melepaskan tangan Hangeng,selalu ada tempat duduk buat Hangeng bersama mereka.. Salah satu dari mereka juga pernah bilang,kalau
“We shine the best when 13 of us are together”.
 Dan itulah yang benar. Jadi walopun sekarang Hangeng udah enggak bareng-bareng sama mereka lagi,tapi hubungan mereka tetep baik. 
Selanjutnya ada, 2PM yang harus kehilangan sang leader JayPark,AfterSchool yang harus kehilangan Sang Leader Kahi,dan BB or GB rookie lainnya.
Sebenarnya,Shinhwa juga mengalami cobaan dalam kebersamaan mereka,karena setelah kontrak mereka dengan SM berakhir,hanya Erick yang ditawarkan untuk memperpanjangkan kontrak tersebut. Gilee nih SM. Parah bangettt,Tapi akhirnya mereka berenam memilih keluar bersama sama dengan Erick juga. Walopun mereka harus membayar nama Shinhwa kalau ingin memakai nama tersebut,mereka melakukannya. Bahkan dikatakan kalau Sang leader bahkan memakai uang sendiri untuk itu. Ini nih yang namanya Group. Salutt dahh..
Noh kan jadi panjang banget ngelanturnyaaaaa???Oke kita akhiri saja dengan lirik dari Shinwa-Once in A life time.. 

Shinhwa : Once in A Life Time Lyric
Everyday I pray to help me through the day. To make myself stronger and I pray..
Gu oren kumduri jogumsshig dagawa
Nunaphe pyolchyojinun jigum
Nan nunul gamgoso gasum soguro
Jonhe onun nugungaye gidol dudgo isso
Sumanhun byoldulgwa yagsoghetdon
Modun kumdurul onjengan
Irwojindago mido
Tamgwa I nunmulgwa sojunghan
Saramman itdamyon urin muoshidun he nelsu isso

Once in a life time, fly to the star
Byolduri noui kumul jikjyo julkoya
Once in your lifetime uri gun al wihe
Yongwonhi hamke manduro goya hal
Love for your dreams

Rapp:
Sulphugodo himdun naldurul da jinadorog he
Ok open your eyes to the sky
Then you can find the way for then better days
Ije uri sesangul modu gathi da hamke hal su ikge
Himdulmyon shwiogado ok yo
Jamkan take a second gu oren kum
Sumanhum star I know that you can take it hamkeramyon
Jom do nal goya ni kumdurun
Passion it’s all yours there’s no question

Sumanhum aphumul gyondyonetdon
Modun kumdurun onjengan doraondago mido
Tamgwa I yoljonggwa sojunghan
Saramman itdamyon   urin moushidun doelgoya

Once in a life time, fly to the star
Byolduri noui kumul jikhyo julkoya
Once in your lifetime, uri gu nal wihe
Yongwonhi hamke manduro goya hal
Love for you dreams

Teron salme jichyo uljiman (No baby no more cry)
Noui himi doejulge (I’ll pray for you and me tonight)
Norul dalmun byorul bol su itdamyon
Naui sarangdo marhalgoya

Once in a lifetime,fly to the star
Byolduri noui kumul jikho julkoya
Once in your lifetime, uri gu nal wihe
Yongwonhi hamke manduro gal
Everything for your dreams

Once in a life time,fly to the star(fly to the star)
Yongwonhi noui kumul giohalgoya
Once in you lifetime, uri gun al wihe
Yongwonhi hamke manduro goya hal
Love for your dreams
Translation
Intinya aja yah,dari lagu inii.. cekidot..
Setiap hari aku berdoa untuk membantuku melalui hari-hari, untuk membuat diriku kuat dan Aku berdoa..
Sekarang,impianku adalah merindukanmu,perlahan dan sangat merindukanmu.Ketika aku menutup mata,aku dapat mendengar doa seseorang memasuki hatiku.Aku percaya itu adalah semua janji-janji.Aku membuat janji janji itu dengan bintang-bintang,akan terwujud suatu hari nanti.Kita dapat melakukan apapun,jika kita berusaha,dan memperhatikan orang orang yang special buat Kita,
Sekali dalam seumur hidup, terbang ke bintang.Bintang-bintang akan mengawasi dari impianmu. Sekali,seumur hidupmu,untuk hari itu-Kita akan bekerja bersama,jadi cintailah impian impianmu.
Cobalah yang terbaik darimu,untuk mengatasi kendala yang menjengkelkan dan sulit.Oke,bukalah matamu sampai ke langit.Dan kamu akan menemukan jalan untuk hari hari yang lebih baik.Sekarang kita dapat hidup bersama di dunia ini.
Ketika itu sulit,kamu dapat beristirahat. Oke,yo cepat. Istrahat beberapa saat. Mimpi terpanjang itu banyak bintang bintang tahu,kamu bisa mengambilnya. Ini akan menjadi lebih mudah,jika kita bekerja bersama. Impian ini adalah milikmu yang penuh passion,ini semuanya milikmu. Itu enggak ada pertanyaan(Maksudnya udah jelas,jadi enggak perlu nanya nanya gitu)
Walopun kita  menangis selama  hidup kita(Tidak,sayang. Takkan ada tangisan lebih dari ini lagi.) Aku akan menjadi kekuatanmu (Aku akan berdoa untuk aku dan kamu malam ini)Jika kamu melihat bintang bintang yang menyerupaiMu,maka Aku akan mengaku cintaku untukmu.
Reff again and the end. Indah kan?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar